Cara Efektif Menghitamkan Dan Menebalkan Alis Mata Secara Alami

Siapa yang tidak ingin memiliki alis mata yang hitam dan tebal. Alis mata yang hitam dan tebal menjadi dambaan bagi setiap wanita pada saat ini karena dirasa dapat meningkatkan rasa percaya diri dan mempercantik wajah. Pada dasarnya alis merupakan rambut halus yang tumbuh di atas kelopak mata yang berfungsi untuk melindungi mata dari tetesan keringat dan air hujan serta terik panas matahari. Selain itu, alis juga memiliki fungsi dari segi kecantikan yang akan menambah kecantikan wajah yang sempurna.

Alis tebal dan hitam tengah menjadi trend pada saat ini, hal ini dibuktikan dengan semakin maraknya sulam alis yang tengah menjadi perbincangan hangat para artis. Kebanyakan artis melakukan sulam alis untuk membuat penampilannya lebih menarik. Sulam alis dirasa efektif karena dapat memberikan bentuk alis yang sempurna dan permanen sehingga tidak perlu repot-repot untuk membuat alis lagi setiap hari. Kepraktisan inilah yang menjadi daya tarik kaum wanita untuk melakukan sulam alis. Namun tahukah anda sulam alis ternyata memiliki dampak negatif antara lain:

1. Menyebabkan rasa sakit pada bagian alis yaitu rasa sakit seperti terbakar, perih dan terkuliti di bagian kulit alis yang disebabkan oleh alat yang digunakan dalam proses penyulaman alis.

2. Menyebabkan iritasi bagi kulit wajah yang sensitif yang ditandai dengan adanya bercak merah disepanjang alis mata yang disebabkan oleh tinta yang digunakan.

3. Merusak kulit epidermis dan juga saraf alis yang disebabkan oleh alat yang terbuat dari logam dan jarum yang runcing seperti pada alat tato.

4. Terkena penyakit kulit yang disebabkan oleh masuknya benda asing ke pori-pori kulit saat melakukan sulam alis.

5. Terkena infeksi yang ditandai dengan membengkaknya alis mata hingga menimbulkan nanah karena tinta yang mengandung bahan kimia

6. Bulu mata alis terganggu pertumbuhannya karena kerusakan lapisan kulit epidermis, hal ini menyebabkan ketergantungan dalam melakukan sulam alis karena bulu alis tidak bisa tumbuh seperti sedia kala lagi.

Masih mau memilih sulam alis sebagai alternatif pengganti pensil alis? ternyata kita bisa menebalkan dan menghitamkan alis dengan menggunakan bahan alami yang pastinya lebih aman dan tepat tanpa mengeluarkan biaya yang relatif mahal dan tanpa efek samping. Bahan-bahan alami berikut ini bisa anda gunakan untuk menebalkan dan menghitamkan alis mata.

Cara efektif menghitamkan dan menebalkan alis dengan bahan-bahan alami


1. Lidah buaya

Menggunakan lidah buaya addalah salah satu solusi untuk menghitamkan bulu-buluan yang tumbuh di kulit kita seperti rambut, jenggot kumis dan alis. Tumbuhan yang memiliki nama latin Aloe vera ini memang sejak dulu dijadikan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit. Lidah buaya sudah banyak digunakan untuk bahan kosmetik seperti krim gel untuk wajah, lotion, shampoo, dan sebagainya. Lidah buaya kita ketahui bersama mempunyai khasiat sebagai anti inflamasi, anti jamur juga sebagai anti bakteri di tambah lagi lidah buaya mampu meregenerasi sel-sel rusak atau mati. Lidah buaya memang terkenal sebagai penyubur rambut jadi lidah buaya juga bisa menebalkan dan menghitamkan alis mata dengan cara mengoleskan lendir dari danging lidah buaya pada alis, lakukan cara ini secara rutin. Dengan cara yang sangat gampang.

  • Ambil lidah buaya sekiranya cukup untuk melumuri alis.
  • Keluarkan dagingnya dan peras ambil lendirnya saja. Jangan terlelu ditekan untuk mendapatkan lenddir yang murni.
  • Oleskan lendir lidah buaya secara merata pada kedua bagian alis.
  • Tunggu sampai mengering, sekitar kurang lebih 15 menit.
  • Bilaslah dengan air yang bersih.
  • Lakukan cara ini dengan terus menerus selama beberapa minggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Minyak Kemiri

Solusi kedua di dapat dari kandungan yang terddapat pada kemiri. Kemiri yang biasanya dijadikan sebagai bumbu dapur ternyata juga bisa digunakan untuk menebalkan dan menghitamkan alis mata.

  • Siapkan kurang lebih 2 butir kemiri yang besar.
  • Setelah itu bakar atau bisa juga di sangria
  • Sangrai atau bakar kemiri hingga gosong
  • Lalu tunggu sampai dingin dan tumbuk halus hingga minyaknya keluar atau bisa di peras, tempatkan di wadah kecil.
  • Lalu oleskan minyak pada kedua alis. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

3. Minyak jarak

Minyak jarak merupakan minyak nabati yang diperoleh dari ekstraksi biji tanaman jarak. Istilah farmasinya adalah minyak kastroli. Minyak jarak memang dikenal untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit. Cara membuat minyak biji jarak:

  • Siapkan biji jarrah dan kemudian jemur biji jarak selama dua hari,
  • Lalu pecahkan biji jarak hingga terpisah antara daging dan kulitnya
  • Daging biji jarak digiling dan diperas di ambil minyanknya
  • Caranya untuk menebalkan dan menghitamkan alis mata yaitu:
  • Dengan cara mengoleskan secara langsung minyak biji jarak pada kedua alis kedua mata anda 
  • Sertai dengan pijatan-pijatan lembut.
  • Tunggu hingga 2-3 menit lalu bilas dengan air panas.
  • Tiga kilogram biji jarak menghasilkan satu liter minyak jarak. Atau anda bisa langsung membeli minyak jarak yang sudah jadi.


4. Bawang Merah

Mengunakan isi zat yang terkandung di dalam bawang putih untuk membuat alis anda tebal dan hitam. Siapa sangka bawang merah dapat digunakan untuk menghitamkan dan menebalkan alis mata. Bumbu dapur yang satu ini ternyata dapat membuat alis mata anda hitam dan tebal. Bawang merah dapat digunakan dengan cara:

  • Mengupas dan mengiris bawang merah secukupnya untuk kedua alis
  • Ambil airnya
  • Lalu oleskan bawang merah dikedua alis alis mata. 
  • Lakukan dengan hati-hati jangan sampai mengenai mata anda.
  • Bawang merah membuat mata berih, jadi hati-hati ya untuk penggunaanya.


5. Minyak Zaitun

Minyak zaitun sudah dikenal sangat baik untuk kesehatan kulit dan rambut karena memiliki kandungan vitamin E yang sangat tinggi. Khasiat minyak zaitun sudah diolah menjadi produk kecantikan oleh perusahaan-perusahaan besar pada saat ini. Untuk mengahasilkan alis yang tebal dan hitam kamu bisa menggunakan minyak zaitun secara rutin dengan mengoleskannya pada alis mata. Gunakan dua kali sehari untuk hasil yang maksimal.

6. Mentega

Siapa sangka mentega yang biasanya digunakan sebagai bahan membuat kue dan pengganti minyak goreng dapat dijadikan sebagai bahan alami untuk menghitamkan dan menebalkan alis mata. Ternyata mentega memiliki khasiat untuk menumbuhkan dan melebatkan rambut sudah banyak yang membuktikan. Mentega dapat digunakan dengan cara mengoleskannya pada alis mata secara rutin setiap hari.

Komentar